Minggu, 06-10-2024
  • Selamat Datang Di Website Ressmi Pesantren Miftahul Mukhlishin Kota Bandung

Santri Dan Tiga Makna

Diterbitkan :

Istilah santri sudah akrab dikenal di Indonesia. Santri dikenal sebagai orang yang mondok dan belajar agama Islam di Pesantren. Namun, tahukah anda bagaimana makna santri itu sendiri?

Dalam KBBI, kata santri setidaknya mengandung dua makna. Arti yang pertama, santri adalah orang yang mendalami agama Islam. Sedangkan pemaknaan kedua, santri adalah orang yang beribadah dengan sungguh-sungguh atau orang yang saleh.

Makna lain terkait santri, penulis pernah menerima makna santri ini dari Pangersa Mama KH. Mumu Mubarak, salah satu kyai yang berasal dari Lanbau Ciawi Tasikmalaya yang juga merupakan pendiri sekaligus pimpinan pesantren Al-Munawar Lanbau Ciawi Tasikmalaya.

Saat penulis masih nyantri di sana, Pangersa Mama pernah mengatakan bahwa santri itu berasal dari dua kata, yaitu kata san dam triSan berarti ‘cahaya’, sedangkan tri bermakna ‘tiga’. Sehingga santri bermakna orang yang memiliki tiga cahaya.

Lebih lanjut lagi, Pangersa Mama mengatakan bahwa ketiga cahaya tersebut adalah cahaya iman, cahaya islam, dan cahaya ihsan. Sehingga, santri adalah mereka yang dalam perilaku dan hatinya selalu berpegang teguh pada iman, islam dan ihsan. Dimanapun berada, seorang santri harus bisa menjadi cahaya bagi umat.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Penulis : admin

Tulisan Lainnya